Terdapat beberapa perubahan mendasar dari kurikulum 2006 ke kurikulum 2013 yaitu:
1. Penataan Pola Pikir
2. Pendalaman dan Perluasan Materi
3. Penguatan Proses
4. Penyesuaian Beban
Sedangkan elemen yang berubah antara lain:
1. Standar Isi
2. Standar Kompetensi Lulusan
3. Standar Poses
4. Standar Penilaian
Kurikulum 2013 menekankan pada dimensi pedagogik modern dalam pembelajaran, yaitu menggunakan pendekatan ilmiah. Pendekatan ilmiah (scientific appoach) dalam pembelajaran sebagaimana dimaksud meliputi : mengamati (observing),
menanya (questioning), pengumpulan data (experimenting/explore),
mengasosiasi (associating), mengkomunikasikan (communicating). Selain itu mengembangkan dalam aspek penilaian yaitu dengan menggunakan (authentic assesment) yang meliputi kognitif, afektif dan psykomotor seperti menilai kesiapan siswa,
proses, dan hasil belajar secara utuh.